Kamis, 03 April 2008

KAMAR MANDI - BUDAYA DAN KEPRIBADIAN

Tahukah Anda, bahwa Kamar Mandi menunjukkan budaya dan kepribadian dari para penggunanya?
Boleh percaya atau tidak, kamar mandi di suatu kantor dapat menunjukkan budaya dan kepribadian dari para pejabat/pegawai yang menggunakan kamar mandi tersebut.

1. Budaya Bersih
Kamar mandi yang bersih menunjukkan bahwa para penggunanya menyukai lingkungan yang bersih. Ini dibuktikan dengan menjaga kebersihan di kamar mandinya.

2. Budaya Toleran
Meninggalkan kamar mandi dalam keadaan yang bersih dari sisa-sisa pembuangan yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan kamar mandi tersebut telah toleran untuk tidak memberikan sesuatu yang kotor kepada mereka yang akan menggunakan kamar mandi itu berikutnya. Bayangkan kalau giliran berikutnya adalah kita kembali, karena tuntutan perut atau karena pendingin yang berlebihan sehingga memaksa kita untuk kembali mengunjungi kamar mandi, padahal kita sendiri telah melakukan perbuatan intoleran sebelumnya.

3. Budaya Disiplin
Mematikan kembali keran dengan baik, menutup kembali lubang pembuangan (untuk WC duduk) dan menekan tombol ”flush” untuk pembuangan atau melakukan penyiraman serta tidak adanya jejak kaki di tempat duduk pada WC duduk, menunjukkan suatu bentuk kedisiplinan diri dari para pengguna atas prosedur umum dalam penggunaan kamar mandi.

Masih banyak lagi hal-hal kecil lain yang merupakan bentuk menghormati rekan kerja dan menunjukkan kepribadian dari para pengguna kamar mandi di kantor. Sudah waktunya kita melakukan REVOLUSI PENGGUNAAN KAMAR MANDI. Kamar mandi bukan hanya tanggung jawab dari teman-teman cleaning service atau rekan-rekan tenaga honorer yang ditugaskan membersihkannya, tapi juga tanggung jawab kita sebagai pengguna untuk menunjukkan budaya dan kepribadian kita dengan membantu mereka menjaga kebersihan kamar mandi. (HS)

Tidak ada komentar: